Daftar Passing Grade PTN SNMPTN

394 Flares 394 Flares ×

Daftar Passing Grade PTN SNMPTN 2012 Terbaru. SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2012 akan segera dilaksanakan. Para Calon Mahasiswa mulai melakukan persiapan untuk Ujian SNMPTN 2012 ini. Mulai dari Bimbingan Belajar sampai Privat untuk bisa masuk di Perguruan Tinggi Favorit mereka. Persaingan untuk masuk perguruan tinggi di Indonesia memang sangat ketat sekali terlihat dari pasing grade yang ada di setiap perguruan tinggi di Indonesia.

Passing grade merupakan suatu standar (grade) dari perhitungan sederhana terhadap hasil ujian SNMPTN yang mengindikasikan kira-kira peserta masuk tidak dalam urutan peringkat kuota penerimaan jurusan yang dipilihnya tersebut. Passing grade tidak berasal dari Universitas atau PTN, tetapi biasanya berasal dari lembaga bimbingan belajar. Jadi tidak mutlak datanya seperti itu dan untuk passing grade 2012 adalah data yang diambil dari hasil tahun 2011. Kesimpulannya, bisa saja persaingan untuk tahun sekarang lebih mudah atau lebih sulit.

Passing grade umumnya tidak bisa dipatok secara pasti sebab passing grade sendiri timbul dari nilai-nilai para pesaing yang memperebutkan jurusan tersebut dan selalu berfluktuasi setiap tahunnya. Namun, dalam konteks lain passing grade pun, dapat diprediksi dengan melihat daya tampung dan kuota yang diterima serta tingkat keketatan persaingan tahun sebelumnya.

Cara Menghitung Passing Grade

Anda dapat menghitung passing grade untuk memprediksi kemampuan anda setelah anda menyelesaikan soal try out SNMPTN dan mencocokannya dengan kunci jawaban, dengan rumus berikut:

Passing Grade = (B x 4) – (S x 1) x 100
JS x 4

Keterangan :

B = Jumlah jawaban benar
S = Jumlah jawaban salah
JS = Jumlah soal

Misalnya :

Hari pertama, Amri menjawab 25 soal SNMPTN dengan benar, 25 soal salah dan 25 soal tidak dijawab. Maka passing grade amri pada hari pertama adalah :

(25×4)-(25×1) x 100 = 25
75×4

Jadi passing grade Amri pada hari pertama adalah 25%

Hari kedua, Amri menjawab 20 soal SNMPTN dengan benar, 10 soal salah, dan 45 soal tidak dijawab. Maka passing grade Amri pada hari kedua adalah :

(20×4)-(10×1) x 100 = 23.3
75×4

Jadi passing grade Andi pada hari kedua adalah 23.3%

Passing Grade Andi adalah rata-rata dari passing grade hari pertama dan passing grade hari kedua. Tepatnya sebagai berikut:

Passing Grade Total =PGH1 + PGH2
2

Keterangan :

PGH1 = Passing Grade Hari Pertama
PGH2 = Passing Grade Hari Kedua

Jadi passing grade total dari Andi adalah = (25%+23.3%)/2 = 24.15%

Perhitungan passing grade juga bisa dilakukan sekaligus, maksud saya hari pertama dan hari kedua dihitung langsung.

PG = ((B1+B2)*4) – ((S1+S2)*1) x 100
(JS1+JS2)*4

Keterangan :

B1 = Jumlah jawaban benar di SNMPTN hari I
B2 = Jumlah jawaban benar di SNMPTN hari II
S1 = Jumlah jawaban salah di SNMPTN hari I
S2 = Jumlah jawaban salah di SNMPTN hari II
JS1 = Jumlah soal di SNMPTN hari I
JS2 = Jumlah soal di SNMPTN hari II

Link Download Daftar Passing Grade 2012 untuk IPA dan IPS

Klik Tombol Tweet, Plus 1 atau Like dibawah ini untuk membuka link download.

Kata Kunci:

passing grade snmptn 2012,passing grade ptn 2012,daftar passing grade masuk PTN,daftar urutan ptn favorit,DaftarvPassing Grade Universitas Terkini Tahun 2014,passing grade PTN di indonesia terbaru,passing grade universitas di seluruh indonesia 2014,passinggrade unsoed terbaru

394 Flares Twitter 92 Facebook 288 Google+ 14 LinkedIn 0 StumbleUpon 0 394 Flares ×

2 comments… add one

  • Veby Andriyanto

    Terima kasih. Informasi ini sangat penting untuk diketahui.

  • passing grade tiap tahun biasanya berubah ubah, gunakan dengan bijak wahai calon mahasiswa

Leave a Comment